Tempat Wisata Lombok Populer dan Tersembunyi Cocok untuk Destinasi

Pulau Lombok adalah sebuah pulau yang juga memiliki keindahan tempat wisata Lombok yang tidak kalah dengan tempat wisata Bali. Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur pulau Bali. Tempat wisata Lombok tidak kalah indahnya dengan tempat wisata Bali, oleh karena itu pulau ini memiliki sumber pendapatan yang paling besar karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini setiap harinya. walaupun Pulau Lombok sering dijadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali namun keindahan tempat wisata Lombok yang disuguhkan tidak kalah indahnya dari Bali.


Daftar Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi
Nah, penasaran kan apa saja tempat wisata pulau Lombok yang harus anda kunjungi saat berlibur ke tempat ini. Yuk, simak daftar tempat wisataL Lombok berikut ini.

1.       Pantai Senggigi
Salah satu pantai sebagai tempat wisata Lombok yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara adalah Pantai Senggigi. Pantai senggigi terletak di bagia barat Pulau Lombok, dengan suasana yang mirip dengan pantai kuta Bali. Pantai ini sering disamakan dengan pantai Kuta Bali namun bedanya, pantai senggigi memiliki ombak yang cukup tenang jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Pantainya yang tenang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat snorklig dan berenang. Keindahan bawah laut pantai senggigi cukup indah karena air lautnya yang jernih.
Pantai Senggigi
Pantai senggigi memiliki garis pantai yang panjang dengan keindahan pasir pantai dan air lautnya yang berwarna biru dan jernih. Bagi anda yang ingin berkunjung dan menginap di pantai senggigi sebagai salah tempat wisata Lombok ini, anda tidak perlu khawatir karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti hotel, restoran, bar, sarana transportasi dan yang lainnya.

2.       Taman Narmada
Tempat wisata Lombok ada juga yang berupa taman yang indah yaitu Taman Narmada. Taman Narmada berada di Desa Lembuak yakni sekitar 10 Kilometer di sebelah timut kota Mataram. Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar, konon taman ini dibangun oleh Raja Mataran Lombok pada tahun 1727 silam. Pada awalnya, taman ini digunakan sebagai tempat beristirahat dan tempat digelarnya upacara adat. Pada saat ini taman ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu tempat Wisata Lombok yang indah.
Taman Narmada
Salah satu hal yang unik dan menarik dari Taman Narmada ini adalah desain taman yang merupakan replikas mini dari Gunung Rinjani yang terkenal di pulau Lombok. Selain itu, di taman ini juga terdapat sumber mata air yang berasal dari gunung Rinjani yang dipercaya bisa membuat Anda menjadi awet muda jika meminum dan membasuh muka dengan menggunakan sumber mata air tersebut.

3.       Taman Nasional Gunung Rinjani
Tempat wisata Lombok yang menjadi Ikon dari pulau Lombok itu sendiri adalah Gunung Rinjani. Gunung rinjani merupakan tempat wisata Lombok yang populer dan terkenal khususnya dimata para pecinta alam yang suka mendaki. Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.700 meter yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua setelah gunung semeru yang ada di Indonesia.
Bagi para penduduk atau masyarakat sekitar yang beragama hindu, Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri karena dianggap sebagai tempat tinggal bagi para Dewa.
Taman Nasional Gunung Rinjani
Wisata favorit dari Gunung Rinjani adalah wisata pendakian yang banyak menarik minat para pendaki gunung untuk mengunjungi tempat wisata Lombok ini. Hal ini karena Gunung Rinjani merupakan gunung yang memiliki pemandangan yang paling indah di Asia, hal ini yang membuat banyak pendaki ingin mendaki hanya untuk melihat keindahan alamnya. Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani, anda harus mempersiapkan kebutuhan anda dengan matang karena anda membutuhkan waktu beberapa hari untuk mencapai puncak Gunung Rinjani.

4.       Pantai Kuta Lombok
Tidak hanya pulau bali yang memiliki pantai kuta, tempat wisata lombok juga memiliki pantai kuta yang dikenal dengan sebutan pantai Kuta Lombok. Sesuai dengan namanya pantai kuta lombok berada di Desa Kuta yang berjarak sekitar 56 Kilometer dari kota Mataram. Tidak kalah indahnya dengan pantai Kuta Bali, pantai Kuta Lombok juga memiliki pantai yang sangat halus seahulus merica oleh karena itu banyak penduduk yang menyebut pantai ini dengan julukan pantai merica.
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu tempat wisata Lombok yang paling indah dan bahkan menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia karena masih jarang dijamah oleh tangan dan kaki manusia. Jika anda mengunjungi pantai ini, anda bisa menikmati pesona laut dengan berselancar karena ombaknya merupakan salah satu ombak terbaik di dunia untuk berselancar. Anda juga bisa menikmati keindahan laut di pantai kuta Lombok dengan cara memancaing, snorkling, menyelam, berkuda dan lainnya.

5.       Air Terjun Sendang Gile
Tidak hanya memiiliki wisata alam berupa pantai dan taman, tempat wisata lombok juga memiliki pesona alam berupa air terjun sendang Gile. Air terjun sendang Gile terletak di pulau Lombok bagian utara yang berjarak sekitar 60 Kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan jika ditempuh dari kota Mataram.
Air Terjun Sendang Gile

Air terjun sendang Gile berada di kawasan Desa Senaru yang merupakan pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Jadi bagi anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani anda bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata Lombok yang bernama air terjun sendang gile ini. Sumber air terjun Sendang Gile dipercaya dapat membuat awet muda saat digunakan untuk mandi dan membasuh muka karena memiliki sumber air yang sama dengan taman Narmada yang berasal dari Gunung Rinjani. Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga untuk menikmati keindahan air terjun sendang gile ini.

6.       Pura Miru
Pulau lombok sempat menjadi kawasan dari kerajaan Karangasem Bali sehingga masyarakat sekitar yang menganut agam Hindu juga cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari adanya keberadaan tempat wisata Lombok yang berupa Pura Miru yang berada di Cakranegara yang merupakan pura terbesar yang berada di Pulau Lombok. Pura ini dibangun pada abad ke 18 sehingga usianya sudah cukup tua.
Pura Miru
Bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata Lombok ini, nada bisa menyaksikan keunikan dari desain arsitektur pura. Saat anda melintasi jalan menuju Pura ini, anda akan dihadapkan dengan adanya Miru bertingkat yang dibuat dengan menggunakan atap dari bahan ijuk yang sangat unik dan menarik sekali.

7.       Kampung Rambitan – Sade
Tempat wisata Lombok berikutnya adalah tempat wisata Lombok yang menyuguhkan budaya yang berada di desa Sade. Desa Sade memiliki jarak yang tidak jauh dengan Desa Kuta. Dengan mengunjungi kampung Rambitan di desa Sade ini anda bisa menyaksikan secara langsung kehidupan dari suku sasak yang merupakan penduduk asli Pulau Lombok. Penduduk yang bertempat tinggal di Desa Sade hingga saat ini masih berusaha untuk melestarikan budaya dan tradisi turun temurun.
Kampung Rambitan Sade
Jika anda berada di desa ini, anda akan melihat banyak rumah tradisional yang dimiliki oleh penduduk. Penduduk desa Sade masih menggunakan bahan-bahan tradisional seperti tiang yang yang berasal dari kayu dan atap dengan menggunakan ilalang kering hingga dinding bambu saat membangun tempat tinggalnya.

Terdapat adat atau kebiasaan yang cukup unik yang sering dilakukan oleh penduduk desa Sade yakni penggunaan kotoran kerbau. Kotoran kerbau digunakan untuk membersihkan rumah karena kotoran kerbau ini dipercaya sangat berguna untuk mengusir serangga dan serangan magis yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Itulah beberapa daftar tempat wisata Lombok yang bisa anda kunjungi saat akhir pekan atau hari libur bersama dengan keluarga, teman dan kerabat serta rekan kerja untuk menyegarkan otak. Semoga bermanfaat, terimakasih.