Destinasi Wisata Karang Anyer Sumatera Utara

Salah satu kota yang ada di Sumatera Utara yakni Pematangsiantar merupakan sebua kota transit dan perkebunan sejak masa penjajahan Belanda, kota yang memiliki perkembangan paling cepat karena letaknya yang strategis dengan menghubungkan Pantai Timur Sumatera dengan Hinterland wilayah Pegunungan Tapanuli. Daerah Pematangsiantar ini ramai dilalui oleh lalu lintas perdagangan dan perkembangan usaha manufaktur hasil perkebunan karena letaknya yang strategis membuat sehingga kota ini cukup makmur dan banyak menarik banyak suku seperti Batak Toba, Suku Jawa dan masih banyak kaum lainnya.


Wisata Karang Anyer Sumatera Utara
Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang juga merupakan suatu wilayah yang menyajikan berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata pendidikan, hingga tempat wisata yang terbentuk dari ikut serta tangan manusia. Wisata Karang Anyer yang terletak di areal Perkebunan Laras PTPN IV Bah Jambi yang jaraknya sekitar 15km dari Pematangsiantar. Beralamat tepat di Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gununng Maligas, Kabupaten Simalungun.

Wisata Karang Anyer
Karang Anyer adalah suatu tempat pemandian alam yang ada di daerah Simalungun Pematangsiantar. Merupakan tempat yang baru dijadikan tempat wisata belum lama ini sehingga belum diketahui oleh banyak orang dan kurang familiar bagi orang lain. Akan tetapi tempat wisata ini telah menjadi tempat pemandian alami yang wajib dikunjungi bagi warga sekitar. Tempat wisata ini memang jauh dari kota namun tidak menyurutkan keinginan warga untuk dapat menikmati air yang sangat segar dan alami ini.

Meskipun masih dalam tahap pembangunan maka akses menuju tempat wisata Pemandian Karang Anyer ini saat ini sudah cukup mudah dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dari kota Pematangsiantar anda cukup melakukan perjalanan selama kurang lebih 30 menit saja untuk mencapai Karang Anyer. Dengan biaya tiket masuk sesuai dengan Peraturan Daerah No 13 tahun 2001 dengan tarif untuk anak-anak sebesar 800 rupiah, dewasa seharga 1500, harga parkir 1000 rupiah, dan bus umum 2000 rupiah saja.

Objek wisata Karang Anyer


Namun tempat wisata ini masih memiliki kekurangan yakni kejernihan air sedikit ternoda karena tidak adanya semacam papan peringatan untuk membuang sampah pada tempatnya karena pihak Pengelola pemandian alam Karang Anyer belum memperhatikan kekurangan ini. adanya pondok-pondok yang berdiri disekitar pemandian juga terlihat kurang beraturan karena tidak diperhatikan oleh pengelolanya baik itu masyarakat sekitar maupun pemerintah, keindahan tempat ini juga akan meningkatkan daya tarik pengunjung sehingga seharusnya petugas dan pengelola harus meningkatkan kepedulian terhadap pemandian Karang Anyer.

Akses dan Fasilitas Karang Anyer
Jika anda menempuh perjalanan dari kota Medan menuju ke Pemandian Alam Karang Anyer ini maka jaraknya sekitar 128 km atau sekitar 2 km setelah anda memasuki kota Pematangsiantar, anda akan melalui jalan yang sudah aspal meskipun ada sedikit lubang kecil dan sedikit sempit namun jika anda menggunakan kendaraan roda empat mungkin tidak akan menjadi masalah.

Tempat Wisata Karang Anyer Sumatera Utara
Setelah anda sampai di gapura atau pos selamat datang maka anda harus membayar tiket masuk sebesar 2.500 saja kemudian dari gapura tersebut anda akan ke lokasi pemandian yang berjarak 300 M dan disana telah tersedia parkiran sepeda motor dan mobil anda. jika anda membawa mobil maka anda akan dikenai tarif parkir 10.000 dan sepeda motor tarif parkir 3.000 saja.
Di Pemandian Karang Anyer juga tersedia gubuk-gubuk beratap terpal dan beralaskan tikar yang bisa anda sewa dengan harga 50.000 cukup untuk keluarga 10-15 orang, sedangkan kamar ganti akan dikenai tarif per orang dengan harga 2000.

Daya Tarik Wisata Karang Anyer
Sebagai tempat wisata yang sejuk dan teduh
Pemandian Karang Anyer menawarkan suasana yang sejuk dan ondah karena airnya yang masih begitu jernis membuat anda tidak ragu untuk mandi sepuasnya. Pemandian alami ini memiliki air yang mengalir dibeberapa ruas dengan tenang seperti anda sedang berendam dalam telaga indah dengan banyaknya pohon yang tumbuh disekitar tempat untuk menjadikan pemandian alam ini teduh dan asri.

Destinasi Wisata Karang Anyer Sumatera Utara

Memiliki Mata air yang masih bebas polusi
Selain memiliki mata air yang bebas polusi wisata Karang Anyer memiliki gubuk-gubuk beralaskan tikar yang disewakan seharga 50.000 cukup untuk 10-15 orang. Tersedia juga kamar mandi dengan harga 2.000 per orang. Berdasarkan cerita dari warga yang tinggal disekitar pemandian ini dahulu banyak pohon besar yang tumbuh disini kemudian dikelola oleh warga dan dibantu oleh pemerintah untuk mengembangkan tempat ini menjadi lokasi seperti sekarang ini. air jernih dan mengalir dibeberapa ruas tampak tenang.

Air yang mengalir dapat menghilangkan penat
Pemandian alami Karang Anyer ini cocok bagi warga segala usia karena air yang mengalir tida berbahaya dari kedalaman airnya, dasar air tidak berlumpur dan tidak terlihat jenis kotoran apapun sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan rasa capek dan penat dari kehidupan kerja dan perkotaan.

Tips Berwisata di Pemandian Alam
Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika liburan ke wisata alam agar tetap aman dan tenang

Gunakan Pemandu Wisata
Jika anda memutuskan untuk mengunjungi wisata alam yang berada dalam hutan atau pegunungan yang jauh dari warga dan belum pernah anda kunjungi sebelumnya, sebaiknya anda meminta bantuan kepada orang yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut bisa saja seorang teman atau  pemandu wisata yang telah benar-benar memahami dan mengerti situasi dan kondisi dari tempat wisata yang anda kunjungi atau menggunakan GPS. Sebab unutk mengurangi resiko tersesat

Membawa Peralatan Penting
Jika anda berwisata ke alam terbuka anda harus mempersiapkan kebutuhan yang perlu anda bawa dengan matang, baik dari segi fisik, mental maupun peralatan yang memadai. Usahakan untuk membawa minimal peralatan kesehatan seperti kota P3K atau obat-obat yang anda butuhkan, kompas, maupun GPS sebagai penunjuk arah. Beberapa peralatan tersebut akan anda butuhkan sewaktu-waktu.

Wisata Karang Anyer Sumatra Utara

Dokumentasikan Objek Wisata yang anda kunjungi
Anda tentu ingin berwisata alam terbuka karena keinginan anda untuk mencari tempat wisata yang tenang dan sejuk bukan ? untuk menghabiskan waktu liburan dan refreshing otak. Kegiatan dan momen yang anda ciptakan dari tempat wisata seperti menikmati keindahan alam terbuka akan menjadi kenangan tersendiri bagi anda dan pasangan, maka kamera atau HP akan menjadi salah satu peralatan yang wajib anda bawa jika melakukan aktifitas di alam terbuka. Anda dapat mengambil gambar keindahan di tempat wisata tersebut dan menyimpannya sebagai kenangan.

Membawa Kebutuhan Wajib
Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika anda memutuskan untuk berlibur di pemandian, minimal 2 setel. Apabila anda tidak terbiasa mandi di pemandian yang dingin maka sebaiknya tidak berlama-lama ada di dalam pemandan kecuali jika anda memakai baju hangat didalam kolam. Jangan lupa membawa bekal jika anda tidak ingin boros karena seperti yang kita ketahui biasanya makanan dan minuman yang dijual di warung sekitar tempat wisata pasti mahal harganya.

Memilih dan memutuskan untuk berlibur atau refreshing tentunya harus berdasarkan kesepakatan bersama keluarga atau pasangan traveling anda yang ikut dalam kegiatan ini. semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur  menikmati keindahan alam Indonesia.