Destinasi Wisata Danau Toba yang Wajib Kalian Kunjungi

Danau Toba berlokasi di provinsi Sumatera Utara, setiap tahunya Wisata Danau Toba merupakan lokasi yang sangat diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena memang Danau Toba memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alamnya. Danau Toba adalah sebuah danau dengan ukuran panjang sekitar 100 Km dan mempunyai lebar 30 Km.

Wisata Danau Toba

Wisata Danau Toba sebenarnya lebih mirip dengan sebuah lautan daripada danau, mengingat memang luas Wisata Danau Toba ini begitu lebar dan panjang tidak seperti danau biasanya. Oleh karena itu Wisata Danau Toba dinobatkan sebagai Danau terluas se Asia Tenggara. 

Dan Wisata Danau Toba ini termasuk danau terluas nomer dua setelah Danau Victoria di Afrika. Wisata Danau Toba juga ternyata memiliki kedalaman yang lumayan dalam untuk di gunakan menyelam, oleh karena itu tidak diperbolehkan kalian untuk masuk ke dalam Wisata Danau Toba ini.

Meski dibuka untuk tempat wisata, namun Wisata Danau Toba ini tetap dijaga kelestarian alam dan keindahan yang belum terjamah oleh tangan manusia. Di daerah Wisata Danau Toba pun juga terdapat bebrapa danau-danau yang tak kalah indah juga. Daerah sekitar Wisata Danau Toba juga terdapat wisata wisata lain yang begitu bagus dan layak untuk kalian kunjungi. nah untuk itu Sumatra Utara adalah merupakan tempat yang cocok untuk anda berlibur dengan keluarga.

Keindahan yang diperoleh dari luasya hamparan danau membuat para wisatawan sangat tertarik untuk berlibur kesini , karena luasnya Wisata Danau Toba maka jangan heran jika terdapat berbagai wisata kecil disekelilinganya yang kita tetap dapat menikmati indahnya bentangan Wisata Danau Toba yang sangat memukau dan indah. Tentunya Tempat wisata Danau Toba ini banyak menyuguhkan keindahan alam yang tak akan bosa untuk dilewatkan bersama keluarga ketika anda berkunjung ke Sumatera Utara.

Danau Toba menyajikan pesona alam yang sangat luar biasa dan sanggup menyembunyikan kedahsyatan bahwa sebenarnya Danau Toba pernah mengguncang bumi. Model Wisata Danau Toba yang sangat hebat ini menjadikan danau ini sebagai salah satu destinasi wisata kelas internasional.  

Di Wisata Danau Toba ini kalian sangat luas dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, Sehingga ada banyak hal yang bisa kalian lakukan di Wisata Danau Toba antara lain, jika anda menyukai wisata alam maka anda bisa melakukan pendakian gunung dengan menikmati indahnya pepohonan hijau yang amat rindang dan sejuk, atau anda yang senang dengan berenang anda juga bisa melakukanya di Pulau Samosir, ataupun berlayar di Wisata Danau Toba dengan menggunakan perahu berlayar. 

Kalian tidak akan kehabisan alasan untuk tidak mengunjungi wisata Sumatera Utara yang berlokasi di Danau Toba dengan fasilitas fasilitas dengan kegiatan yang menarik untuk dilakukan sepanjang hari di Wisata Danau Toba.

Sejarah Pesona Pulau Samosir

Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah kabupaten yang cukup unik sekali dengan letak geografisnya, dimana pulau Samosir ini merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Kabupaten Samosir merupakan merupakan perluasan dari Kabupaten Toba Samosir. 

Objek wisata ini merupakan salah satu Wisata Danau toba yang cukup terkenal karena objek wisata yang sudah ditawarkan disini sangatlah banyak mulai dari wisata alam yang cukup menawan dan wisata adatistiadat yang kental menjadikan Kabupaten Pulau Samosir merupakan salah satu objek wisata yang cukup jadi acuan pertama para wisatawan.

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau terbesar di Wisata Danau Toba dimana si Samosir sendiri terdiri dari enam kecamatan dan Sembilan kecamatan di Kabupaten samosir, Danau Toba dan pulau Samosir terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat dahsyat letusanya sekitar 69000 sampai 77000 tahun yang lalu dengan skala 8.0 VEI.

Dahulu pulau Samosir berada di dalam satu dataran dengan Pulau Sumatra, berbentuk sebuah tanjung di Toba. Bagian tersempit pada pulau Samosir adalah Pangururan, lebarnya hanya sekitar 300 meter. Warga menyeret perahu agar dapat pindah ke sisi Pulau danau Toba yang satunya, daripada warga harus memutar Samosir. 

Pada saat itu para penjajah belanda dibangunlah kanal sungai untuk mempermudah kedua sisi Wisata Danau Toba bisa melewati dari sisi Danau Toba, dan dapat kesisi lainya tanpa harus memutari Pulau Samosir.

Pesona dan Panorama wisata ini sangatlah indah dan anda dpat menjumpai bentangan alam yang sangat indah dari pulau ini, Keindahan ini yang memikat para wisatawan untuk memilih samosir sebagai tujuan Wisata Danau Toba. Wisata ini merupakan spot terbaik untuk mengabadikan moment liburan anda, wisata Pulau Samosir ini sangatlah cocok diguanakan tujuan utama liburan anda bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Kota Kecil Di Wisata Danau Toba

Kota Kecil Di Wisata Danau Toba

Parapat merupakan salah satu kota kecil yang letaknya berada di tepi Wisata Danau Toba atau lebih tepatnya lokasi berada di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumatera Utara. Kota ini merupakan kota yang menjadi salah satu akses utama menuju Wisata Danau Toba atau Pulau Samosir ini berada sekitar 50 km dari Kota Pamantangsiantar. 

Biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Samosir dapat menggunakan kapal ferry di pelabuhan Ajibata dari kota ini.  

Para wisatawan ketika melewati kota kecil mungil nan cantic ini, para wisata haruslah mengitari tepian danau Toba hingga melewati jembatan Tano Ponggol di Pengururan agar bisa ke Pulau samosir. Karena dapat menjadi penghubung menjadi salah satu kota yang ramai dikunjungi oleh para turis lokal maupun manca.

Itulah alasan kenapa meskipun kota ini sangatlah kecil mungil kalian bisa menemukan berbagai jenis penginapan yang dipenuhi oleh para wisatawan manca.  

Kota parapet bisa saja dikenal karena keindahan Wisata Danau Toba, akan tetapi perlu kalian tau kenyataanya dikota ini juga ada beberapa tempat wisata yang cukup menarik dan masih blom banyak pengunjungnya, dan sayang untuk tidak dikunjungi salah satunya ada Batu Gantung Parapat, Niagara Hotel, Rumah Pengasingan Karno, Sibaganding dan jika kalian tidak mencoba untuk datang kesini pasti sangat disayangkan sekali.

Kalian juga dapat melihat Wisata Danau Toba yang suara airnya dan udaara segarnya dapat menenagkan fikiran, sekilas menghilangkan kepenatan yang anda derita selama perjalanan kemari.  Parapet ini menyuguhkan pemandangan alam yang cukup memukau, karena sepanjang perjalanan menuju parapet anda bisa beristirahat di sepinggiran jalan hanya untuk menikmati pemandangan Wisata Danau Toba.

Selain itu juga sebelum kalian sampai di kota parapat kalian bisa melihat banyaknya monyet yang berkeliaran untuk mencari makan jadi bonyek yang begitu banyak berkeliaran, jadi tips buat anda yang mau menuju kesana sebaiknya kalian membawa makanan ringan seperti kacang dan kue yang nantinya akan anda berikan untuk monyet dispenjang jalan.

Menjelajahi Panorama Bakkara
Panorama Bakkara

Anda pernah mendengar tentang Bakkara? Bakkara Sebuah lembah indah di pinggir Wisata Danau
Toba yang dikelilingi oleh indahnya pinggiran Danau Toba yang dikelilingi bukit-bukit yang cantic dan indah. Namanya Bakkara memang masih belum sepopuler daerah lain di pinggiran Danau toba yang banyak menarik wisatawan untuk datang melihatnya. Tapi jika kalian datang kesana maka pemandangan yang disuguhkan tidak akan membuat anda kecewa.

Begitu indah mempesona hingga timbul niatan untuk mengunjunginya wisata bakkara yang termasuk Wisata Danau Toba. Secara administratif. Bakkara masuk ke dalam wilayah kecamatan Baktiraja, Sumatera Utara. Untuk menuju kesana anda bisa menempuh sekitar delapan jam dengan bus berkecamatan sedang.  Perjalanan dari Dolok Sanggul ke Bakkara tidak akan membuat kita merasa bosan karena jalan yang ditempuh sangatlah indah dan pepohonan yang diselingi rumah para penduduk dan sesekali perkebunan kopi tampak terlihat.

Pesona Bakkara dimulai dari perbukitan sampai lembah bakkara. Pendangan terlihat luas dikejauhan, lembah bakkara terlihat dibawah sana, tertutup kabut yang putih yang manggantung di atasnya yang membuat kurang mendukung ketika berfoto dari ketinggian. Namun ketika cuaca yang cerah akan memperlihatkan suasana langit yang cerah.

Di sebelah kanan jalan ada tebing bukit yang sangat menjulang, sedangkan kiri jalan ada jurang. Di seberang sebelah kiri itu terdapat berjejeran pohon pinus yang tumbuh di badan bukit yang terlihat jelas. Sementara itu, pucuk-pucuk pinus yang berjejeran yang menggambarkan bukit seolah menyentuh langit. Yang sangat disayangkan adalah ketika di beberapa titik poho pinus-pinus itu berwarna coklat kemerahan akibat terbakar.

Ketika anda memasukki lembah bakkara, rumah-rumah yang bersanding dengan persawahan dan terdapat hamparan tanaman bawang merah menjadi pemandangan yang sangat menyejukkan. Terdapat sebagian warga bakkara terlihat masih asik mencangkul di persawahan, melihat pemandangan tersebut tak hanya mata yang ternutrisi hati pun jadi sangat adem melihatnya.

Disela bebatuan, dengan deras air menerjang yang mengalir melewati kolong jembatan, ternyata ada air yang berasal dair tebing air terjun yang jaraknya sekitar 100 meter dari wisata Danau Toba. Menurut sejarah dilokasi ini dahulunya ada sang Raja Sisingamangaraja berhenti di sana karena gajah yang ia miliki sedang kehausan, kemudian sang raja berdo’a kepada Malajadi NaBolon dan sang raja menancapkan tongkat sakitnya pada sebuah batu yang kemudian menjadi mata air.

Air yang berasal dari bukit ini dipercaya oleh masyarakat setempat mampu menyembuhkan berbagai penyakit sehingga dijuluki sebagai air kehidupan. Oleh karena itu tak heran jika banyak yang jauh jauh untuk datang ketempat ini hanya untuk mandi dan membawanya pulang air dari Aek Sipangolu.

Dari atas bukit anda bisa melihat betapa indahanya air terjun terasa segar dan jernih. Airnya terasa lembut meski aliran deras , terasa segar udara disekitar air terjun. di atas jembatan akan terlihat wisata Danau Toba dengan begitu jelas dan tenang berkabut namun tetap menawarkan senja semerah saga yang memantulkan sinar ke danau dan membuat perbukitan terlihat sangat terang karena cahaya senja.

Gemericik air terjun sipangolu didinding bukit terdengan sekali sangat jelas dan sangat sejuk mendengarnya, jika kalian datang kesana dan mendengarnya maka kalian akan sangat nyaman dan tenang seperti senja yang syahdu di Bakkara. Disana juga tersedia penginapan yang berlokasi di Tipang Mas. Adapun kuliner yang tersedia di wisata Bakkara ini seperti makanan ikan bakar ala Tipas Mas yang sangat terkenal kelezatanya tersedian juga berbagai macam sambal yang menambah kenikmatan makanan ini.

Disaat pagai hari adalah saat yang tepat untuk memnjakan mata dengan pemandaangan sunrise, karena dari Tipang Mas matahari terlihat sangat tepat ditengah-tengah dua bukit yang dipisahkan oleh Wisata Danau Toba. 

Adapun keindahan lain yang tak kalah memukau yakni hamaparan persawahan dengan pucuk-pucuk padi yang dikenai oleh embun dan pemandangan perbukitan yang di salah satu sisinya terdapat air terjun Sipultak Hoda. Dengan pemandangan seperti ini di Bakkara pasti akan selalu manis.

Sepoi Angin di Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai ini berlokasi di kecamatan Blige Kabupaten Toba Samosir, pantai Lumban merupaka salah satu Wisata Danau Toba.  Bukti keistimewaan Danau Toba kali ini adalah keindahan yang meneyeluruh bahkan sampai ke tepianya memberikan kekaguman yang sangat luar biasa indah yah salah satunya dalah wisata pantai Lumban Silintong. 

Mempesona indah cantai dan juga unik. Banyak ekspresi kekaguman mengalir untuk mengungkapkan suasana pantai yang berada di tepian Danau Toba ini.

Pantai Lumaban ini merupakan pantai yang sangat berbeda karena bila biasanya kalian dapat melihat pantai di tepi laut yang unik dan indah, menyuguhkan kesejukan disetiap tepian Wisata Danau Toba. Pantai ini berlokasi dibibir Wisata Danau Toba yang menjadi sebuah tawaran menarik yang menarik diberikan oleh Balige bagi para wisatawan lokal.

Pantai Lumnam Silintong juga salah satu tempat untuk menyaksikan festival Danau Toba yang diadakan setiap tahunya. Balige juga tidak luput dari perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Wisata Danau Toba. Pantai ini termasuk dalam wilayah administrasi DEsa Lumban Silitong. Di sekitar Wisata Danau Toba merupakan tempat yang bisa dijangkau dari kota Medan dengan waktu perjalanan sekitar kurang dari enam jam.

Sementara itu, kalau datang ke tempat ini dari Bandar Udara Silangit, perjalanan membutuhkan waktu kira-kira kurun 1,5 jam. Suasana berbeda lainya ditempat wisata ini adlaah adanya bocah-bocah pemburu koin yang akan dengan hebat berenang untuk mengejar koin lemparan wisatawan karena dipercaya apa yang diinginkan sipelempar koin akan terkabul jika koin nya ditemukan. 

Dijamin kalian akan terasa sangat dihibur rasanya bila bermain bersama bocah-bocah yang telah biasa dan begitu lihainya beratraksi mencari koin didalam sebuah danau.

Tak heran jika anda akan merasa nyaman dan betah karena Balige memiliki tempat bermalam yang begitu menarik , tempat ini juga mempunyai café yang sangat unik kafe ini merupakan café terapung yang sangat ramai dibanjiri oleh pengunjung karena tempatnya yang terapung. Tidak sampai situ, kafe tarapung balige menjelma manjadi lokasi incaran para wisatawan untuk berfoto para pengunjung yang datang.

Suasana yang nyaman asyik dan menjadi daya tarik yang disuguhkan oleh café Tarapung Balige. Pantai Lumban Silintong Balige ini sangat cocok jika dijadikan tempat wisata berlibur dengan keluarga ataupun dengan kerabat terdekat.

Pesona Pulau Sibandang di Danau Toba

Pulau Sibandang Danau Toba

Satu pulau ini berlokasi di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini, merupakan salah satu harta karun di kawasan Wisata Danau Toba, pulau ini seluas 850 hektar, dan dikelilingi oleh Danau Toba. Yang berbatasan secara langsung dengan pulau Samosir dan kabupaten Humbang. 

Keindahan dan keasrian pulau Sibandang, sangat sulit digambarkan dengan kata-kata. Mungkin sudah kehabisan kata lagi untuk menggambarkan keindahan Pilau ini.

Selain panorama pulau yang sangat indah ,iklimnya juga sejuk dan alamnya masih asri. Menurut mangapul sibandang itu disebut bidadari tidak berlebihan karena sekeliling pulau Sibandang terdapat sejuta pemandangan yang begitu memanjakan setiap insan. Saat ini sudah ada perbaikan wisata pulau Sibandang ini karena akan direnovasi menjadi taman surga dunia. Dan masyarakat setempat sangat menyetujui pembangunan home stay di sini.

Pulau ini belum banyak dikenal wisatawan, karena tempatnya yang masih sangat alami maka kalian dapat menemukan keindahan keasrian dan udara yang masih sangat lah jernih.  Pulau ini juga sering disebut dengan mulau manga karena ketika kalian datang ke pulau ini maka jangan heran kalian akan ditemui oleh banyak sekali buah manga. Bahkan tempat ini menjadi sentral penghasil buah manga yang sangat manis dan juga tak kalah lezat.

Pulau ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Di bibir pantai di sekeliling pulau adalah bebatuan yang telah lama terbentuk secara alami. Berbeda dengan Samosir yang secara umum pantainya berpasir. 

Dan bila dilihat dari ketinggian Huta Ginjang, Pulau Sibandang bagaikan seekor ikan emas yang sedang berenang di lautan Di Pulau Sibandang ini sudah ada perkampungan warga sekitar, namun Perkampungannya cukup sepi karena sedikitnya warga yang tinggal disana. 

Di salah satu sisi pulau, ada berdiri rumah adat Batak, mungkin milik pemimpin kampung atau tetua yang sangat dihormati. Jika melihat Wisata Danau Toba dari ketinggian maka akan terlihat Pulau Sibandang sungguh sangat indah. Setiap sudutnya menyuguhkan panorama yang menakjubkan sekali, sayang jika anda melewatkanya.

Berfoto diantar Warna-Warni Bunga Sopo Juma Tongging

Sopo Juma Tongging

Sumatera Utara selalu punya tempat yang indah untuk berlibur dan dikunjungi khusunya wisata Danau Toba yang sangat menjadi daya tarik wisatawan dunia untuk ke Sumatera Utara, ada spot foto terbaru di daerah ini letaknya tak jauh dari Air Terjun Sipiso-piso yang tersohor itu. Nama lokasinya yaitu sering dikenal dengan Sapo Juma. 

Letak persisnya berada di Tongging Sapo juma adalah sebuah villa atau seperti gues house. Dan sekitarnya terdapat taman bunga yang sengaja ditanam disekitar oleh pengelolahnya. Sapo juma ada juga dikelola oleh sang pemilik. Dengan pemandangan danau toba yang menawan wisata ini kian hits menonjolkan spot foto diantara bunga bunga ditaman yang beragam , rapi, cantik dan indah.

Jika kalian ingin bisa dampai disini ada beberapa rute yang bisa kalian pilih diantaranya, anda bisa melewati Pematang Siantar-Merek. Yang diketahui bahwasanya di Merek ada 3 jalan menuju kesini. Biaya yang harus kita keluarkan sekitar 20ribu/ motor. Setelah itu kita bisa masuk dan bebas berfoto disini karena memang pemandangan bunga dan rerumputan hijau menambah keasrian tempat ini. Anda harus menjaga kelestarian tempat ini dengan tidak menginjakkan kaki ke bunga, memtik ataupun membuang sampah sembarangan di tempat ini.

Beberapa waktu lalu sempat rame di media social karena banyak sekali pengunjung yang menginjak injak bunga demi mendapatkan foto terbaik mereka. Padahal disana sudah dibangun jalanan diantara bunga-bunga tersebut.  Supaya pengunjung tidak sampai menginjak kan kakinya di penanaman bunga. Jika anda menyukai bunga bunga bermekaran maka sangat disarankan anda untuk mengunjungi wisata ini. 

Pengunjung yang datang ke desa Tongging akan benar-benar dimanjakan dengan keberadaan pemandangan alami nan indah.

Tongging merupakan wisata yang cukup menarik karena anda dapat melihat pesona danau toba yang begitu eksotik dari ketinggian anda juga bisa mengabadikan foto bersama dengan keluarga anda.

Wisata Alam Pusuk Buhit

Wisata Alam Pusuk Buhit

Konon katanya wisata Alam Pusuk Buhit merupakan sejarah asal mula Orang Batak. Legenda masyarakat Pusuk Buhit. Orang batak adalah keturunan dari manusia setengah dewa, yaitu biasa disebut dengan Odap-odap dan Siboru Panujar yang menurunkan pasangan pertama mereka manusi Batak di Pusuk Buhit. 

Namun cerita legenda ini begitu banyak versi, sebenarnya kawasan Pusuk Buhit ini merupakan sebuah gunung yang tercatat dengan ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut. Dan sampai saat ini tempat Pusuk Buhit menjadi yang dikeramatkan bagi masyarkat batak Toba.

Bagi wisatawan yang suka berpetualangan kawasan Pusuk Buhit ini mempunyai kontur lahan yang sangat menyenangkan. Pemandangan yang dimiliki dan udara dari kawasan bukit-bukit dapat kita rasakan pada saat melewati jalan memutari bukit menuju puncak. Dan sebuah pemandangan Danau Toba bsia kita rasakan dari jarak berjauhan.

Perjalanan yang sangat panjang dari kota medan menuju Pusuk Buhit dengan memakai kendaraan mobil hanya bisa sampai di tengah bukit dan petualan berjalan kaki bisa dimulai 5 sampai 7jam. Ada beberapa hal yang menarik di Pusuh Buhit yaitu salah satunya anda dapat menikmati sensari keindahan matahari di sekitar puncak bukit dengan sajian pemandangan danau Toba dan Barisan bukit disepanjang hari. 

Selain itu kita dapat saja menikmati kerajian masyarakat lokal seperti ukiran motif cicak yang banyak sekali terdapat di ukiran kerajinan khas Batak.  Ini membuktikan filosofis hal ini menggambarkan bahwa orang batak sangat cocok tinggal di seluruh belahan dunia.

Taman Sipinsur Tempat Melihat Danau Toba

Taman Sipinsur

Siapa yang menyangka kalau ada spot wisata yang asyik melihat Danau Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan, tempat ini adalah yang biasa sering disebut Taman Sipinsur. Taman ini merupakan salah satu lokasi wisata yang terbaik di kabupaten Humbang, dari taman ini wisatawan bisa melihat langsung betapa luasnya Danau Toba.

Tempat taman sipinsur ini merupakan bagian dari dataran tinggi dengan pesona Danau Toba yang luas areanya sekitar 2 hektar. Selain dapat melihat panorama Danau Toba, taman Sipisnsur ini juga ditanami beberapa pohon pinus karena juga cocok untuk berkemping. Ditaman ini juga tersedia tempat untuk bermain atau outbond.

Sipinsur termasuk suatu tempat yang tepat untuk relaksasi, segala kepenatan atau stress yang dialami wisatawan akan hilang begitu mereka melihat keindahan danau Toba dari bukit Sipinsur. Itu karena mereka dapat melihat pohon pinus yang rimbun serta merasakan angina yang memanjakan. Apalagi pemandangan Danau Toba yang memukau dana mempesona.

Kegiatan yang sering dilakukan disana oleh kebanyakan wisatawan adalah kegiatan menantang semacam trekking di perbukitan . pandnganya lebih baik dari puncak perbukitan. 

Kegiatan popular berikutnya dalah fotografi, kalian bisa saja mengambil gambar di bukit ini karena hasil yang didapat akan begitu indah, tak heran jika semua orang penggunjung membawa kamera ataupun smartphone yang mereka miliki. Selain itu beberapa pasangan memnfaatkan nuansa damai untuk membangun hubungan mereka dan membuat kenangan indah di wisata Sipinsur.

Adat Istiadat Ambarita

Ambarita

Ambarite adalah termasuk wisata Danau Toba yang cukup menarik karena wisata ini menawarkan wisata adat istiadat yang masih begitu kental , diaman mana terdapat bangunan yang masih menjadi saksi bisu bagaimana asal usul perkampungan ini. Karena dulu sebagian masyarakat Batak masih memakan manusia. Namun semenjak masyarakat mengenal agama maka manusia itu berangsur-angsur hilang.

Pesona wisata ambarita berlokasi beberapa kilometer di sebelah utara Tuk Tuk dan merupakan salah satu peninggalan perkampungan raja Batak di Ambarita pada jaman dahulu. Di wisata ini anda dapat menemukan rumah0rumah adat masyarakat batak pada zaman dahulu yang masih sangat asli begitupula dengan kursi dan meja meja yang masih kuno sekali.

Kursi persidangan yang sudah ditata melingkar terdapat dibawah sebatang pohon hariara yang umurnya juga telah berusia ratusan tahun dahulu. Pada zaman dahulu tempat ini diguankan sebagai tempat dimana orang bersalah diadili untuk menerima hukuman. Sebagai bukti jejaknya hari ini kita bisa melihat dua buah rangkaian kursi yang terbuat dari batuan yang umurnya uda beratusan tahun.

Namun setelah masukknya unsur agama masyarakat masyarakat disini telah merubah cara pandangan tentang hukuman tersebut secara perlahan. Maka dari situ tradisi tersebut berhenti total dan norma yang berlaku disana sudah mengikuti aturan agama dan negara. Sejarah ini cukup menjadi pelajaran bagi kita.

Rumah Tradisional Simanindo

Rumah Tradisional Simanindo

Wisata ini merupakan pesona wisata Sumatera Utara yang berada di bagian Utara dan dapat dianggap sebagai pusat kebudayaan dipulau ini. Terdapat sebuah rumah tradisional Batak yang telah direstorasi dan saat ini berfungsi sebagai rumah museum. 

Rumah ini dulunya adalah kediaman kerajaan Batak. Atap rumah ini dahulunya dihias dengan 10 pasang tanduk binatang kerbau yang melambangkan 10 generasi dinasti Raja Simalungun.

Simanindo merupakan desa di Kabupaten Samosir, didusun huta bolon anda dapa melihat rumah raumah peninggalan Batak anda juga dapat melihat benda-benda peninggalan pendahulu orang batak, disini anda juga akan disuguhkan tarian tarian khas orang batak yaitu Tarian Toror.

Aek Rangat Pangururan Samosir

Aek Rangat Pangururan Samosir

Aek Rangat Pangururan Samosir ini adalah salah satu destinasi yang sangat unggul ketika berkunjung ke Pulau Samosir. Disini terdapat air panas yang berasal dari sumber air mata yang keluar dari batuan berwarna putih karena berasal dari batu kapur. Air panas tersebut dialirkan ke kolam-kolam yang diproses oleh penduduk setempat.

Bagi kalian yang mau berwisata ke sini dengan teman-teman dan keluarga anda dapat menyarankan untuk menikmati sejenak pemandian air panas di Pangururan Samosir, disini terdapat beberapa kolam pemandian yang tersedia bagi pengunjung dan diatur suhu panasnya sesuai dengan selera kalian. 

Jikalau kalian ingin merasakan atau mandi dikolam yang suhu airnya sangat panas maka kalian naik saja keatas mendekati sumber air panas. Dan kalian yang membawa anak kecil maka jangan khawatir karena disini sudah tersedia kolam yang sangat cocok untuk anak-anak.

Tidak hanya pesona air panasnya yang anda dapatkan dilokasi ini, namun disini juga terdapat pemandangan yang memanjakan mata yakni dapat memandang Danau Toba. Adapun batuan kapur putih yang biasanya sering digunakan untuk pre-wedding ataupun spot foto bersama.

Beredam di dalam air panas sangatlah mengasyikan dan ketika kita keluar dari kolam maka tubuh akan semakin bugar dan terasa enteng.  Ketika anda merasa lapar juga khawatir karena disana juga disediakan warung makanan dan minuman sekedar untuk mengganjal kelaparan anda. Tempat ini juga tersedia tempat parkir jadi anda jangan khawatir ketika membawa kendaraan pribaadi.

Boneka Sigale-gale Tomok

Boneka Sigale-gale Tomok

Jika anda berlibur ke Danau Toba maka yang wajib anda datangi adlah Tomok, ditempat ini anda bisa melihat berbagai boneka sigale-gale yang terkenal. Boneka sigale merupakan boneka yang terbuat dari kayu yang biasanya dapat menari-nari tetapi dengan bantuan gerakan manusia dari kayu bawahnya. Boneka ini didesain mengenakan pakaian orang Batak.

Selain boneka anda juga dapat menemukan museum raja Sidabutar, anda dapat melihat makam yang sangat tua yang terbuat dari batu dan dipahat sedemikian rupa, yang merupakan makam yang sangat unik dan tidak akan bisa kita jumpai pada zaman sekarang ini.  Kita juga bisa melihat monument yang bentuknya hampir mirip dengan alat music batak yang bangunanya cukup tinggi yang disebut dengan Tuntung.

Tuntung dibangun sebagai peringatan warisan budaya yang mempunyai nilai dan makna keamanan dan ketertiban dalam masyarakat Samosir. Museum batak yang berada di tomok merupakan salah satu museum batak yang ada di Sumatra, museum ini berbentuk rumah bolon adalah rumah adat suku batak. Dihalaman museum ini dangatlah bersih karena para pengunjung juga selalu menjaga kebersihan lingkungan, Oleh karena itu ketika memasuki nya diharapkan melepas sandal/ sepatu.

Pemandangan Tuktuk

Pemandangan Tuktuk

Tuktuk merupakan tempat yang pertama kali kita akan jumpai saat menyeberang dari parapet menuju pulau samosir, disini anda dapat menikmati pemandangan yang memukau dari danau Toba. Selain itu disana anda akan di suguhkan dengan adat istiadat yang sangat kental. 

Di sini anda dapat membeli souvenir yang cukup beragam sekali mulai dari hiasan dinding, ukiran patung hingga alat music tradisional akan disajikan disana. Disini juga menjual oleh oleh yang bisa kita bawa untuk oleh-oleh buat keluarga.

Pancuran Air Aek Sipitu Dai

Pancuran Air Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai berlokasi di Kecamatan Sianjur dan ketika anda ingin melewati pangururan samosir, disini anda akan melihat 7 buah pancoran air yang berasal dari sumber yang sama namun rasa yang dihasilkan oleh pancuran sangatlah berbeda –beda, sungguh aneh memang namun warga setempat dipercaya dapat mampu untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain untuk berlibur kebanyakan orang berdatangan kemari untuk mengambil atau sekedar mandi dipancuran 7 sumber air, dengan harapan setiap doa yang mereka inginkan akan terkabul. Karena setiap masing-masing pancuran memiliki khasiat tersendiri. 

Biasanya wisata ini banyak dikunjungi saat liburan hari besar, namun terkadang fasilitas yang ada di wisata ini masih sangatlah kurang memadai. Seperti sempitnya tempat parkir, tidak adanya fasilitas kamar mandi warung atau pun tempat peristirahatan.

Tips Berlibur Ke Wisata Danau Toba

Tips Berlibur Danau Toba

Wisata Danau Toba akan memberikan kalian banyak sekali pengetahuan, karena beragam wisata yang disuguhkan merupakan tempat wisata yang terbentuk karena adanya budaya-budaya di sana. 

Tempat Wisata Danau Toba juga memberikan anda pengetahuan betapa indahnya alam yang ada diindonesia oleh karena itu ada tips untuk and ajika ingin berlibur jauh-jauh ke Sumatra Utara, Ketika anda ingin berlibur ke Sumatra Utara lebih tepatnya berlibur ke wisata Danau Toba maka yang pertama kali kalian harus menyiapkan budget yang lumayan besar karena wisata Danau Toba memiliki wisata yang sangat beragam. Anda harus dalam kondisi yang sehat, siapkan pakaian yang nyaman anda gunakan untuk berlibur. 

Jangan merusak kelestarian alam dan jagalah kebersihan selama di dalam area wisata. dan yang terpenting adalah keselamatan anda.